2008-05-01

Membangun Rasa percaya Diri




Ketika rasa percaya diri ada dalam genggaman, pikiran tetap positif saat menghadapi masalah yang berat sekalipun. Berikut ini langkah yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kembali rasa percaya diri Anda.

1. Kenali diri Anda sendiri. Siapa Anda sebenarnya? Apa yang membuat Anda unik dan berbeda dari orang lain?

2. Jangan terjebak dengan perbandingan. Hentikan membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Sebaliknya, ubah fokus dan perhatian. Belajar menjadi lebih, dengan mencocokkan dalam diri dan luar diri Anda.

3. Afirmasi rasa penghargaan diri Anda sendiri. Ganti ucapan negatif diri dengan afirmasi positif. Afirmasi merupakan pernyataan yang dibuat pada saat ini seperti bila Anda telah meraihnya. Contohnya, "Saya berharga", "Saya membuat perubahan".

4. Hilangkan rasa iri. Stop berfokus pada apa yang tidak dimiliki dan mulai mengapresiasi hadiah dalam hidup Anda. Iri merupakan salah satu energi paling negatif dan menarik lebih banyak energi keluar dari tubuh.
Bersyukur, sejalan dengan bahagia dan cinta, menjadi energi paling kuat bagi diri Anda. Perbanyaklah rasa syukur dan terima kasih atas apa yang Anda peroleh setiap harinya.

5. Belajar untuk mencintai dan menerima diri Anda seperti apa adanya. Ketahui bahwa Anda berharga dan menerima hanya yang terbaik.
Kita mengajari sesama bagaimana memperlakukan kita dengan cara memperlakukan diri sendiri dan cinta tanpa syarat.

No comments: